Jogja Hiphop Foundation

Jogja Hiphop Foundation

Jogja Hiphop Foundation

Jogja Hip Hop Foundation (JHF) didirikan oleh Marzuki Mohammad a.k.a Kill the DJ tahun 2003, adalah Javanese collective hip-hop crew yang terdiri dari; Kill the DJ, Jahanam, dan Rotra. JHF adalah soundtrack kehidupan di Yogyakarta, kota di mana tradisi terus tumbuh ditengah laju modernisasi. Beat urban khas hip-hop dipadu dengan gamelan dan bahasa Jawa, yang beberapa diantaranya menghidupkan kembali mantra-mantra tradisional, yang ekspresinya terlahir natural tanpa pretensi kontemporer. Di Yogyakarta, kini lagu mereka dinyanyikan oleh berbagai generasi dari pelosok desa hingga pusat kota.

JHF adalah unit hip-hop dari Indonesia yang pertama kali melakukan konser eksklusif di kota kelahiran hip-hop, New York (2011), dan pada tahun 2012 kembali melakukan tour di 10 kota di Amerika dan berbagai negara lainnya. Terakhir, di penghujung tahun 2017, JHF merampungkan tur Eropa.

Saat ini JHF dipresentasikan oleh empat personilnya, yaitu Kill the DJ, Balance, M2MX, dan Ki Ageng Gantas, dengan seorang additional DJ.