Budi P. Hatees

Budi P. Hatees

Budi P. Hatees

Budi P. Hatees. Lahir di Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatra Utara, pada 3 Juni 1972 dengan nama Budi Parlindungan Hutasuhut. Menulis karya sastra seperti esai, puisi, dan cerpen sejak tahun 1985 dan dipublikasikan di media cetak terbitan Sumatra Utara dan Jakarta. Pada 1991 merantau ke Jakarta, kuliah di IISIP Jakarta, dan belajar tentang sastra sebagai salah satu metode berkomunikasi. Menekuni bidang komunikasi dan menjadi jurnalis sejak 1992 sampai 2009, menjadi pengajar ilmu komunikasi di Universitas Lampung, Universitas Bandar Lampung, dan Universitas Saburai.

Tahun 2004, mendirikan Yayasan Sekolah Kebudayaan Lampung dan Penerbit MataKata. Sejak itu sampai sekarang melakukan penelitian sastra, budaya, antropologi, dan menerbitkan buku-buku antropologi. Saat ini bekerja sebagai peneliti di Dewan Riset Kabupaten Lampung Timur periode 2016-2021 untuk bidang komunikasi, teknologi informasi, kepariwisataan, dan kebudayaan.

Puisi, cerpen, dan esainya bisa dijumpai di puluhan buku antologi bersama para penyair Indonesia dan luar negeri, terbaru muncul dalam antologi puisi Hari Puisi Indonesia Riau 2018 atau Negeri Pesisir.  Esai-esai tentang kepolisian dan pemolisian diterbitkan Penerbit Swadaya tahun 2013 dengan judul Ulat di Kebun Polri. Buku esai lainnya Polisi yang Membentur Tembok, Kealiman Para Tersangka Korupsi, Tulisan yang Tak Enak Dibaca, dan lain sebagainya.

Saat ini sedang mempersiapkan buku puisi tunggal, Perantau Kehilangan Rumah, berisi 100 puisi bertema tradisi merantau dalam lingkungan budaya Batak.