SIARAN PERS Workshop Penulisan Novel bersama Mahfud Ikhwan

SIARAN PERS Workshop Penulisan Novel bersama Mahfud Ikhwan

Joglitfest (Festival Sastra Yogyakarta) adalah perhelatan kebudayaan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan kerja bersama dari stakeholder sastra di Yogyakarta: pemerintah daerah, sastrawan/penggerak sastra, akademisi, perguruan tinggi, komunitas, penerbit, lembaga pemerintah dalam bidang literasi, dan lembaga swasta. Festival ini bertujuan untuk mendekatkan dunia sastra dengan publik, sekaligus menjalin keterhubungan antar masyarakat sastra di dalam dan luar Yogyakarta.

Tahun ini, Joglitfest merupakan acara festival perdana yang dihelat secara masif dengan melibatkan banyak pihak, seperti komunitas sastra dan stakeholder kesusastraan lainnya di Yogyakarta. Joglitfest didukung oleh Kementerian Pendudikan dan Kebudayaan, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, dan Indonesiana melalui kerja sama dengan perguruan tinggi dan penerbit, komunitas sastra dan literasi di Yogyakarta.

Sebagai sebuah kegiatan kesasteraan Joglitfest mengadakan serangkaian kegiatan sastra yang dimulai sejak 20 Agustus 2019 sebagai bagian dari pra event kegiatan. Salah satu kegiatannya adalah mengadakan workshop penulisan. Joglitfest bekerjasama dengan Klub Baca Yogyakarta, Kibul.in, dan Gerak Budaya Yogyakarta mengadakan Workshop Penulisan Novel bersama Mahfud Ikhwan sebagai salah satu rangkaian kegiatan pra-acara Joglitfest.

Klub Buku Yogyakarta atau yang biasa disingkat dengan KBY merupakan organisasi atau komunitas nirlaba yang berdiri pada 2 April 2012. Pada awal berdiri KBY bertujuan untuk mengumpulkan para pembaca buku yang tersebar di twitter terutama yang berdomisili di Yogyakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Hingga saat ini, tercatat Klub Buku Yogyakarta sudah memiliki hampir 2000 pengikut. Pada akhir tahun 2014, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi informasi, Klub Buku Yogyakarta memutuskan untuk membuat sebuah WAG sebagai sarana komunikasi dan diskusi para pembaca buku yang tersebar di Yogyakarta.

Kibul.in adalah media online yang peduli pada isu sastra, seni, dan budaya. Sastra, seni, dan budaya seringkali dianggap sebagai sesuatu yang serius, adiluhung, dan bahkan suci. Anggapan itu tidaklah salah sepenuhnya, tapi akan menjadi buruk apabila anggapan tersebut justru menjauhkan manusia dari penghayatan akan ketiganya. Kibul.in salah satu tujuannya adalah mengajak anak muda menghayati sastra, seni, dan budaya dengan mencairkan pendekatan kepada ketiga entitas tersebut secara asyik.

Berdiri sejak Mei 2018, Gerak Budaya Yogyakarta adalah toko buku alternatif yang menyediakan buku-buku sastra, seni, sosial humaniora, hingga politik. Selain toko buku, Gerak Budaya Yogyakarta menyediakan ruang diskusi untuk menstimulasi ide-ide segar, serta bentuk-bentuk keterlibatan budaya di Yogyakarta dan sekitarnya.

Pemateri dalam acara Workshop Penulisan Novel adalah Mahfud Ikhwan. Sastrawan yang lahir di Lamongan, 7 Mei 1980, lulus dari Jurusan Sastra Indonesia, Universitas Gadjah Mada pada 2003. Menulis sejak kuliah, cerpen-cerpennya terbit di Annida, Minggu Pagi, Jawa Pos, dan di beberapa media komunitas di Jogja. Pernah menjadi karyawan penerbit buku pelajaran selama lima tahun. Tahun 2009 menerbitkan novel pertamanya, Ulid. Novel keduanya, Lari Gung! Lari! (2011) tidak banyak dikenal. Namun, novel berikutnya Kambing dan Hujan (2015) memenangkan Sayembara Novel DKJ tahun 2014 dan Karya Terbaik Kategori Novel dari Badan Bahasa RI. Lalu novel paling tipis yang ditulisnya, Dawuk: Kisah Kelabu dari Rumbuk Randu (2017) memenangkan Kusala Sastra Khatulistiwa kategori Prosa. Cerpen-cerpen yang ditulisnya diterbitkan dalam buku Belajar Mencintai Kambing (2016). Selain menulis fiksi, ia juga menerbitkan buku kumpulan esai film, Aku dan Film India Melawan Dunia (dua jilid, 2017), dan dua kumpulan esai sepakbola, yaitu Dari Kekalahan ke Kematian (2018) dan Sepakbola Tak Akan Pulang (2019).

Workshop tersebut akan diadakan pada hari Rabu, 21 Agustus 2019, pukul 13.00, bertempat di Gerak Budaya Yogyakarta, Jl. Gondang Raya No.8, Condongcatur, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta. Acara gratis dan terbuka untuk umum, terbatas untuk 40 peserta. Rangkaian acara yang akan berlangsung di Gerak Budaya dimulai sejak pukul 13.00 WIB. Dimulai dengan registrasi ulang peserta workshop dan pembukaan. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Klub Buku Yogyakarta, acara workshop sesi pertama, ishoma, sesi workshop kedua, dan penutup.

Materi workshop tersebut dapat dibaca di sini.

Kontak Person: +62 857-8910-9870 (Kak Syamsul)