Sastra Global: Dominasi Bahasa Inggris

Sastra Global: Dominasi Bahasa Inggris

Kesaling-silangan sastra global, bagi Eka Kurniawan, menimbulkan cambur-baurnya bahan-bahan cerita dalam karya sastra. Dalam beberapa cerita, kisah tentang anak yang jatuh cinta kepada ibunya muncul di banyak legenda.

Hal tersebut diungkapkan penulis novel Cantik Itu Luka itu dalam Ceramah Sastra, salah satu mata acara dalam rangkaian acara puncak Joglitfest 2019 di Hotel Melia Purosani, Sabtu (28/9/2019).

Namun, Eka memperhatikan bahwa keadaan lingkungan dan kebudayaan membuat kisah semacam itu termodifikasi secara unik. Walaupun demikian, akses terhadap karya sastra masih mengandalkan bahasa Inggris untuk penerjemahan pertama.

Inilah salah satu efek kolonialisme Inggris yang  menancapkan kekuasaan di banyak negara. Oleh karena itu, karya sastra tidak hanya bicara soal kebudayaan yang diceritakan, namun juga sebagai medium penaklukan atau kolonialisme.

“Selalu ada kepentingan politik dan ekonomi dalam jejaring seperti itu sehingga hubungan tersebut menjadi dominasi-mendominasi,” kata Eka.

Pada dasarnya, kita sedang membicarakan kesusastraan bahasa Inggris atau kesusastraan lain yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris.

“Dunia, pada akhirnya memandang kesusastraan global nyaris persis seperti pembaca Inggris memandang kesusastraan,” ujar Eka.

Kondisi ini menyebabkan situasi rumit di mana seorang pengarang, jika ingin dikenal dunia, karyanya harus diterjemahkan dalam bahasa Inggris lebih dulu.

“Kita bisa lihat kasus tersebut pada karya-karya Haruki Murakami. Kita mengenal Murakami setelah ia diterjemahkan dalam bahasa Inggris,” papar Eka.

Seperti yang kita ketahui, karya Eka Kurniwan seperti Lelaki Harimau pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Sejak itu, karya-karyanya satu per satu diterjemahkan dalam berbagai bahasa di beberapa negara.

Patut dicatat juga bahwa karya-karya para pengarang dari Amerika Latin macam Gabriel Garcia Marquez dan Jorge Luis Borges diketahui oleh pembaca Indonesia pertama kali melalui terjemahan dalam bahasa Inggris.