Merupakan bagian dari acara festival yang bersifat umum dan terbuka, yang memungkinkan dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat, khususnya di wilayah kota maupun kabupaten di DIY, baik dari segi pelaku maupun penonton. Ragam acara sastra di ruang publik ini meliputi:

a).  Pergelaran Seni dan Sastra

Menampilkan ragam pembacaan dan pemanggungan sastra yang dilaksanakan di ruang publik, sanggar, gedung kesenian, atau tempat-tempat sekitar situs budaya  di wilayah kota Yogyakarta,  Bantul, Sleman, Kulon Progo, dan Gunungkidul.

b). Instalasi Rupa Sastra

Memasang/memamerkan/memvisualkan berbagai kutipan yang diseleksi oleh kurator dari puisi, cerpen, novel, dan naskah drama karya para pengarang Yogyakarta. Karya tersebut dipajang atau publikasikan di berbagai ruang publik seperti stasiun, bandara, terminal, kampus, jalan, dan tempat-tempat strategis lain di wilayah kota Yogyakarta.

c). Taman Bacaan Sastra

Mengadakan acara literasi di tempat-tempat umum, khususnya di desa wisata atau desa budaya DIY, melalui kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan upaya kreatif mengajak masyarakat untuk membaca buku-buku sastra dan kemungkinan untuk memahami serta mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Acara ini dilaksanakan dan dibiayai oleh stakeholder, termasuk juga pemilihan dan penentuan tempat pelaksanaannya.

d). Pusat Dokumentasi Sastra

Membuat pangkalan daring sastra Yogyakarta yang terhubung dengan pangkalan-pangkalan data sastra di Indonesia. Pangkalan data dimaksud meliputi:

  • Sejarah dan dinamika perkembangan sastra.
  • Biodata sastrawan dan buku-buku karya kesusastraan.
  • Profil dan kegiatan komunitas sastra.
  • Dokumentasi visual maupun audio-visual peristiwa sastra.
  • Dokumentasi makalah, esei, kritik, dan hasil-hasil penelitian sastra.