Pasar Sastra dan Pameran Buku Mulai Digelar di Selasar Benteng Vredeburg

Pasar Sastra dan Pameran Buku Mulai Digelar di Selasar Benteng Vredeburg

Jumat pagi (27/9/2019) menjelang siang itu, selasar Meseum Vredeburg masih lumayan lengang. Yang kelihatan baru panitia dan relawan. Sebagian merupakan penjaga lapak-lapak buku dalam “Pasar Sastra dan Pameran Buku”.

“Belum banyak pengunjung lalu lalang. Hanya beberapa orang sih. Mungkin karena masih pagi dan hari pertama. Mungkin pada malam hari dan hari kedua, pengunjung akan banyak berdatangan,” kata Afi, penjaga lapak grup KBEA.

Cukup banyak penerbit yang ikut serta menghadirkan buku-buku terbaik mereka dalam pasar buku itu, termasuk nama-nama yang sudah familiar seperti Circa, Insist Press, Indonesia Buku, EA Books, Pojok Cerpen, Gramedia Pustaka Utama, Bentang Pustaka, Divapress, Kanisius, Basabasi, Stilleto Book, Deepublish, dan Bening Pustaka.

“Pasar Sastra dan Pameran Buku” adalah salah satu mata acara dalam main event Festival Sastra Yogya (Joglitfest) 2019 yang dihelat mulai Jumat (27/9/2019) hingga Senin (30/9/2019).

Dalam kegiatan ini, pengunjung dapat menjumpai buku-buku yang juga bisa diperoleh di toko-toko buku luring maupun daring. Karya lama maupun baru tampak di lapak-lapak itu. Selain karya penulis dalam negeri, ada juga terjemahan karya penulis asing.

Basabasi, misalnya, menghadirkan buku-buku karya penulis baru, sedangkan Circa menawarkan buku-buku terjemahan, baik fiksi maupun nonfiksi. Sementara itu, Narasi memajang buku-buku sejarah dan Kanisius menawarkan buku-buku keagamaan Kristen dan filsafat.

Bervariasinya genre dalam pasar sekaligus pameran buku ini membuat pengunjung memiliki banyak pilihan untuk memilah dan memilih buku yang ingin mereka beli. Selain itu, Joglitfest memfasilitasi beberapa diskusi buku dalam lingkup acara ini, di antaranya diskusi buku Nelayan Itu Berhenti Melaut karya Safar Banggai.