[Ebook] Kuantar Kau ke Festival Sastra

[Ebook] Kuantar Kau ke Festival Sastra

Festival Sastra Yogyakarta atau dikenal Joglitfest, paripurna dengan kegembiraan dan versi masing-masing. Pun demikian dengan versi Tim Pengelolaan Pengetahuan Joglitfest 2019 yang telah bekerja saat pra-post-pasca acara. Tim ini memiliki dua produk, yaitu situs web dan ebook. Jika situs web berisi catatan harian, maka ebook adalah catatan kritis. Anda bisa membaca catatan harian itu di Joglitfest.id.

Joglitfest.id menampung seluruh informasi tentang penyelenggaraan kegiatan, hari ke hari, agenda ke agenda. Berbeda dengan festival lainnya, yang memanfaatkan situs web hanya sebagai syarat untuk menampilkan seluruh program tanpa memiliki update kegiatan dan dinamikanya. Padahal, update inilah yang ditunggu masyarakat luas yang tidak bisa hadir di lokasi, selain sebagai upaya pencatatan. Pun disediakan dua bahasa, Indonesia dan Inggris.

Sementara itu, ebook berisi catatan kritis atas terselenggaranya Joglitfest, selain sebagai buku lanjuran (proceeding book) dari program Joglitfest. Ebook ini disajikan dalam 4 bagian, yaitu catatan dari Ketua Panitia dan Kurator (bagian I), catatan tentang kepanitiaan (bagian II), makalah seminar dan materi workshop (bagian III), dan ditutup dengan catatan kritis (bagian IV) yang ditulis oleh sebagian Tim Pengelolaan Pengetahuan Joglitfest, peserta aktif, dan penulis tamu.

Hal ini dimaksudkan agar pembaca atau orang-orang yang tak berkesempatan hadir dapat melihat secara utuh bagaimana Joglitfest diselenggarakan, sekaligus bagaimana dinamikanya. Oleh sebab itu, buku ini tak hanya ditulis oleh orang-orang yang telah disiapkan, melainkan juga dari peserta dan orang yang tak bersinggungan dengan kegiatan ini sama sekali. Harapannya, diperoleh pandangan yang objektif.

Dalam ebook ini, sulit sekali mencari pujian-pujian atas terselenggaranya kegiatan, namun bukan berarti berisi dakwaan-dakwaan atau mencoba mengadili. Buku ini justru menunjukkan ragam pemikiran dari pantulan pengalaman para penulis yang diserap dari dinamika kegiatan. Kita akan membaca kekecewaan, kegelisahan, kemarahan, kritik, dan lain-lain yang cenderung bernada negatif. Namun, tak satu pun kita temukan nada pesimistis. Artinya, para penulis meyakini bahwa kegiatan ini layak diteruskan pada tahun-tahun ke depan.

Dan pada akhirnya, Anda bisa melihat apa yang telah dicapai oleh Joglitfest dalam penyelenggaraan pertamanya melalui ebook ini.

Selamat membaca!

 

Unduh ebook di sini
Kuantar Kau ke Festival Sastra; Catatan Kritis Festival Sastra Yogyakarta (Joglitfest) 2019